Rabu, 20 Juli 2011

Makanan sehat enggak perlu mahal


Kebetulan artikel ini pas menurut saya dengan isi dari blog saya, yaitu tentang kesehatan. Tapi sekarang saya ingin berbicara tentang makanan sehat.  Makanan yang wajib kita konsumsi adalah makanan yang mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, vitamin, protein, lemak, dan asupan lainnya. Tapi tentunya tidak secara over/berlebihan.
Sebenarnya mengkonsumsi makanan sehat sudah sejak dulu lho kita sudah diajarkan. Di SD kita diajarkan untuk mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Semua diusahakan harus seimbang, yaitu nasi(sumber karbohidrat), sayuran(sumber vitamin dan mineral), daging(sumber lemak), buah(sumber vitamin) dan tambahnnya adalah susu. Tetapi jaman sekarang anak-anak tidak lagi mau untuk mengkonsumsi makanan secara lengkap, mereka cenderung untuk memilih makanan yang disukai saja. Seperti makanan yang banyak dagingnya, atau kadang lebih memilih makanan instan seperti mi instan.
Mungkin juga ada yang menganggap mahal sebuah makanan sehat seperti yang saya uraikan di atas, butuh daging, butuh buah dan susu. Sebenarnya tidaklah mahal untuk memperoleh gizi yang cukup untuk tubuh dari makanan tersebut. Contohnya saja kita bisa menyiapkan makanan dengan telur sebagai pengganti daging. Tentunya tidak setiap hari telur, masaklah daging juga secara berkala. Buah yang murah juga bisa dijadikan hidangan penutup, seperti pisang atau jeruk. Susu juga penting, cukup 1 kali sehari sudah cukup untuk nutrisi tubuh. Dan sering-seringlah minum air putih.
Lebih baik juga kan kalau kita bisa mengatur asupan gizi bagi tubuh dengan makan makanan yang sehat daripada kita membuang uang untuk membeli makanan yang tidak bergizi dengan harga yang mahal seperti junk food. Atau kita menghabiskan uang untuk ngemil makanan yang membuat kita kelebihan lemak dalam tubuh. intinya sesuai judul di atas, makanan sehat enggak perlu mahal !!! Sekian artikel saya hari ini. Semoga membantu dan menginspirasi.

 tulisan ini di ikutkan dalam kontes aduk di blogcamp

5 komentar:

  1. Artikel ini dibuat semalam atau barusan , kok tanggalnya 19 July 2011 ??
    salam hangat

    BalasHapus
  2. Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    BalasHapus
  3. Murah meriah yang penting sehat dan terjaga dari kebersihan, warna sayuran dan buah , serta segar.

    BalasHapus
  4. Makanan mahal belum tentu sehat,makanan sehat belum tentu halal,tapi makanan halal pastilah sehat

    BalasHapus
  5. Setuju!
    Pisang kan murah meriah, minta tetangga aja dikasih..heehe.. *pengalaman pribadi*

    BalasHapus